9 Tanda-Tanda Gula Darah Anda Meningkat

Tanggal Thursday, November 29, 2012 | 15:19




Waspada terhadap meningatnya gula darah agaknya sangat perlu diperhatikan, mengingat dalam keseharian manusia selalu di hadapkan dengan berbagai macam makanan dengan kadar gula yang terhitung cukup tinggi. Seperti kita ketahui bersama, kadar gula darah yang berlebih akan mengakibatkan penyakit yang cukup fatal yaitu diabetes yang akan memicu penyakit lain menyerang sang penderita.

Tubuh manusia akan selalu memberikan rambu-rambu apabila terjadi sesuatu pada tubuh, Tuhan memang memberikan itu semua agar manusia dapat mengambil langkah antisipasif saat tubuh akan mengalami sesuatu.  Termasu jika jika gula darah meningkat dan tidak stabil maka secara otomatis tubuh manusia akan memberikan tanda-tanda  Beberapa gejala berikut ini menandakan gula darah yang meningkat dan tak stabil, seperti dilansir oleh Diabetes Home (26/11).

1. Kelelahan
Sel tubuh memerlukan glukosa untuk menghasilkan energi. Ketika glukosa tak dapat dipenuhi, maka sel tak bisa bekerja dengan baik. Hal ini menyebabkan Anda sering kelelahan.

2. Sering buang air kecil
Semua aliran darah disaring oleh ginjal. Jadi kelebihan glukosa juga akan menuju ke ginjal. Jika glukosa terlalu tinggi, maka ginjal tak bisa menyaringnya. Akhirnya kelebihan glukosa terpaksa dikeluarkan melalui urin. Ini berarti Anda akan ada semakin banyak urin yang dihasilkan dan dikeluarkan.

3. Merasa haus
Sering buang air kecil membuat seseorang mudah kekurangan cairan. Tubuh membutuhkan cairan lebih banyak sehingga Anda akan sering merasa haus. Rasa haus juga bisa disebabkan oleh adanya glukosa dalam air liur.

4. Berat badan turun
Turunnya berat badan disebabkan oleh terlalu banyaknya urin yang dibuang. Glukosa adalah gula dan berkaitan dengan kalori dalam tubuh. Kehilangan glukosa berarti kehilangan kalori dalam tubuh. Ini seperti mengonsumsi makanan dan kehilangan setengah nutrisinya. Itulah mengapa berat badan Anda akan turun. Bagi mereka yang sedang berdiet, hal ini mungkin bagus. Namun ingat, tak hanya berat badan yang menurun, kekuatan otot juga ikut menurun sehingga Anda akan merasa sakit dan lemah.

5. Masalah penglihatan
Masalah penglihatan disebabkan adanya perubahan bentuk lensa mata. Ketika kadar glukosa meningkat, kelebihan glukosa akan naik ke mata. Sekali lagi, glukosa diikuti oleh air. Air yang masuk ke mata akan mengubah bentuk lensa. Kemudian lensa akan kehilangan kemampuan untuk fokus pada cahaya dan menghasilkan penglihatan yang kabur. Meski begitu perlu diingat bahwa masalah mata pada penderita diabetes hanya sementara. Masalah ini bisa hilang sekitar enam sampai delapan minggu setelah kadar gula berhasil diturunkan.

6. Mood tidak stabil
Tingginya gula darah juga mempengaruhi otak dan membuat seseorang mudah mengalami mood yang tidak stabil. Selain itu, ketika gula darah naik seseorang juga akan merasa susah berkonsentrasi.

7. Kram otot
Ketika gula darah tak terkendali, otot juga akan kehilangan kekuatan. Hal ini membuat beberapa jaringan otot rusak dan menyebabkan kram.

8. Mati rasa
Tingkat gula darah yang tinggi menyebabkan banyak gula yang melewati jaringan saraf. Gula kemudian menggantikan garam dan elektrolit serta mengubah fungsi dan struktur molekul. Pada akhirnya hal ini menyebabkan sistem saraf sering salah mengirimkan pesan ke otak yang menyebabkan mati rasa atau rasa sakit.

9. Infeksi jamur
Jamur bisa tumbuh cepat di sekitar vagina wanita. Jika gula darah meningkat maka glukosa juga akan ada pada vagina. Hal ini membuat jamur semakin subur tumbuh di sana. Jika tak segera diatasi, jamur bisa menyebabkan infeksi. Parahnya, infeksi juga bisa meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, sebaiknya segera atasi peningkatan glukosa sebelum menyebabkan tumbuhnya jamur dan infeksi.

Diabetes dan kenaikan gula darah seringkali tak menimbulkan gejala yang sangat terlihat. Untuk itu Anda harus berhati-hati. Segera kenali ketika sedikit gejala mulai muncul.

Mysteriousman-Realifact
9 Tanda-Tanda Gula Darah Anda Meningkat
Leony Li
By RealiFact Post
Published: 2012-11-29T15:19:00-08:00
9 Tanda-Tanda Gula Darah Anda Meningkat
4.5 11 reviews
www.inaseapmc.com
www.inaseapmc.com
Jangan Lupa Bagikan Ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

Bengkalis Pos

Tentang Kami

RealiFact Post adalah portal berita yang menyajikan berita-berita terkini yang bersumber dari beberapa media online ternama, sebagian kontent Realifact Post baik berupa artikel maupun gambar merupakan cuplikan dari media online fihak fihak ke-3, Kontent yang bersumber dari fihak ke-3 bukan merupakan milik dan tanggungjawab RealiFact. Jika secara kebetulan ada artikel ataupun gambar adalah milik anda dan anda merasa keberatan untuk kami muat pada halaman RealiFact Post, silahkan ajukan keberatan anda melalui email realifactpost@gmail.com dengan menyertakan linknya. Kami akan selalu menyertakan link dari sumber artikel yang kami cuplik, jika artikel tersebut bukan dari redaksi kami. Terima kasih

Artikel Terkait:
Hot Artikel close button
Back to top

Silahkan anda berkomentar atau sampaikan opini anda

Bagaimana Pendapat Anda?
 
Copyright © 2014. RealiFact Post | Designed By Maskolis